Senin, 01 April 2013

Bunaken great-short-nice-trip !!

*keluar dari kolong meja kerja*
HAAAAIIIII...
kali ini gw mau cerita tentang pengalaman gw one-day-escape-from-boring-long-weekend trip ke Bunaken ! yaa enaknya tinggal di Manado sih gini nih, bisa melarikan diri ke Bunaken seharian tanpa perlu bayar tiket mahal-mahal, nginep di hotel ataupun ribet transport sana sini ! ada untungnya sih tinggal di "Surganya Divers se-Dunia" bayangin aja banyak orang bermimpi untuk bisa dateng ke Manado hanya sekedar ingin membuktikan keindahan alam bawah laut di Bunaken dan sekitarnya, sedangkan gw ? bisa menikmatinya selama gw ada kemauan dan waktu luang tentunya..
tapi jangan di bayangin kalo hidup di Manado itu enak sodara2, emang enak sih kalo untuk liburan 1-2 minggu, selebihnya ? minta ampun dah, sulit untuk nabung, susah cari makanan halal yang murah dan gak ada tempat hiburan yang itu-itu aja..
enaknya kalo mau cuci mata, cewek-cewek disini mantap bung ! semakin jauh desa sang cewek berasal konon kabarnya semakin cantik si cewek, semakin mirip bule ! kulinernya juga gak kalah menarik, ada yang namanya tinutuan, pisang goroho, dabu-dabu, woku belanga, rica roa, rica rodo, klapertaart, binte, saraba, perkedel nike, milu siram, masih banyak lagi dah yang lainnya..

baiklah kita mulai perjalanan sehari yang sangat menyenangkan !
perjalanan ini dimulai dari status BBM si dugong bersertifikat diving yang habitatnya kalo weekdays di darat weekend di laut, tidak lain tidak bukan adalah temen kostan gw yang satu kantor sama gw juga.. namanya benny, benny ini seorang diver yang hobinya nyelam (yaiyalah kalo hobi naek motor namanya biker), dia kedatangan tamu dari jakarta yang dia kenal dari pelatihan waktu masih jadi pegawai training di Jakarta, namanya dania, FYI gw, benny sama dania ini kerj di perusahaan yang sama cuma bedanya dania ini kebagian penempatan jakarta dan gw sama benny di Manado. Dania ini jauh-jauh ke manado buat ngehadirin pernikahan kakaknya (ga penting juga dibahas) intinya gw ikut benny nemenin dania beserta temen2 kakaknya buat snorkeling menikmati taman laut bunaken ! 

 ini dia kalo lo mau liat penampakan dugong bersertifikat diving dan lo tau ! si Benny ini lagi persiapan masuk ke level rescue.. kalo lo divers pasti tau, kalo gw kan bukan divers jadi ga bisa ngejelasin.. intinya sih, si Benny ini bentar lagi jadi trainer-nya para divers pemula ! gokil emang lo ben..

and this is my team..
dari kiri ke kanan yak, ada gw (yang paling tipis), benny (yang paling tebel), Wina (si pantat merah), dania (hhmmm..), indah (si kakak petualang rempong) dan Reinir (pacarnya Indah)


Siapa bilang gw cuma ikut gratisan, gw juga bayar dan lo tau bayar berapa ? cuma 150ribu saja sodara2 dan dengan duit 150 ribu itu gw udah dapet (nyewa) alat snorkeling lengkap dari mulai fin, masker, snorkel, sama life vest untuk SNORKELING DI TIGA SPOT + makan siang dan kapal !! kalo lo cari keliling manado, kagak ada temapt yang mau ngasih harga semurah itu selain di tasik divers kebetulan kata benny itu lagi promo ! damn, how lucky I'm eh no ! how lucky we are !! hehehe..

gw sama benny berangkat dari kostan jam 6 pagi, awalnya gw membatalkan mendadak karena gw begadang dan baru tidur jam 3, gilaaak kali lo tidur bentar langsung nyemplung, tapi karena ga enak sama benny akhirnya gw paksain berangkat, ternyata hari itu jadi salah satu hari yang menakjubkan dalam hidup gw !!



pemandangan pagi itu di tasik ria resort.. gw mencium bau laut dan pantai, udah kagak sabar rasanya pengen nyemplung !! hahaha.. (norak)

sebelum berangkat, gw gak sempet sarapan hasilnya perut keroncongan dan makan roti seadanya, gw lupa siapa yang bawa tuh roti ! hahaha *anyway thanks ya manusia baik pembawa roti*

dan tibalah saatnya kita naik kapal menuju bunaken..



JRENG JREEENG.. INILAH KAPAL YANG KAMI TUMPANGI !!
@romienangtjik
ini baru sudut atas kapal..

suasana di dalam kapal..

ini di bagian bawah belakang, kebayang gak (agak) gedenya itu kapal, berasa yacht pribadi

oke, perjalanan yang menyenangkan ini baru di mulai, sebagai orang yang baru kenal gw ngobrol-ngobrollah sepanjang perjalanan sama team gw itu, sampe akhirnya gw memutuskan untuk ganti baju pake swimsuit andalan itu dan iseng2 gw ke depan kapal yang ada moncongnya dengan maksud sok2an kayak di titanic (padahal mah sendirian) gw foto-foto laut yang luas (dan narsis sendiri tentunya) sampe tiba2 dateng dua orang ibu2 bule ngikutin gw padahal emang mereka juga niat ke depan itu dan mereka kaget udah ada gw duluan disana !! (Terima kasih Tuhan kau mengirimkan orang yang bisa menghapus kesepian hati ini di tengah lautan luas yang indah..) *muntah*

tuh kalo ga percaya, ada dua ibu2 bule ngikutin gw berdiri di bagian depan kapal.. (gak ngikutin juga sih) hahaha
fotonya sengaja dibuat kecil biar kalian gak jijik ngeliat muka gw di close up gitu, gw aja yang punya itu muka jijik sendiri apa lagi kalian kan ?

ada satu hal pengalaman tak terduga yang bikin gw semakin gak nyesel buat ikut trip singkat ini.. lagi asyik-asyiknya gw foto-fotoin pemandangan sekitar termasuk muka sendiri, tiba2 dua orang bule ini heboh berduaan, gw kira ada topeng monyet di atas laut makanya mereka heboh histeris teriak-teriak kegirangan kayak fans ketemu idolanya, ternyata oooh ternyata ! suatu hal yang gak pernah gw duga itu terjadi.. *ekspresi sinetron adegan ketemu anak kandungnya yang udah lama tertukar* GILAAAAAAKK.. ADA YANG LONCAT-LONCATAN DARI UJUNG PANDANGAN NUN AGAK JAUH DISANA !! DAN TERNYATA ITU LUMBA-LUMBA !!

subhanallah, baru kali ini gw ngeliat lumba-lumba segitu banyaknya berenang loncat-loncatan dari kejauhan !!  dan ternyata rombongan lumba-lumba itu gak cuma satu !!
guess what, SEROMBONGAN LUMBA-LUMBA BERENANG-RENANG SAMBIL LONCAT-LONCATAN DI DEPAN MATA GW !! DI BAWAH PERAHU GW BERDIRI !! GW SHOCK ABIISSS.. *lebay dan norak beserta kampungan semakin menjadi-jadi*
tanpa buang waktu gw langsung ambil kamera gw dan jeprett jepreeet..

awalnya cuma ada sekitar3-4 ekor lumba-lumba, si ibu-ibu bule tadi yang langsung ngeh pas ngeliat lumba-lumba, sampe-sampe tangannya ikutan eksis di kamera gw ! *yaa kaliik bu itu tangan dipamerin* ngeliat 3-4 ekor itu aja gw (dan ibu-ibu bule) itu aja udah girang, ternyata mereka masih mau ngasih kejutan lain..
daaaaaan...

ini dia mereka !! mempesona dan mengagumkan !! loncat-loncat seperti menari di atas air..
CANTIIIIIIIK !! *bukan lo tapi lumba-lumbanya yang cantik*

okeh, tadi itu suguhan yang menarik dari Sang Pencipta, selanjutnya kita menikmati keindahan ciptaan Sang Kuasa, kita berenam snorkeling dengan ditemani hasan sang intruktur.. di spot pertama gw ketemu penyu, fugu dan clown fish.. spot pertama termasuk spot yang udah rusak karena orang-orang yang tidak bertanggung jawab, spot ini bentuknya curam kalo ga salah disebutnya wall.. sayangnya diantara kami ga ada yang bawa kamera underwater jadi ga bisa mengabadikan foto2 di bawah laut.. (kalo mengabadikan kisah cinta antara kamu dan aku apa yah ?) *dikeplak pake seng panas*

bule-bule yang lagi pada diving..
merasa asing di negeri sendiri, itu sih yang gw rasain pas di kapal bareng-bareng sama rombongan bule-bule ini, yaa gimana kagak asing, penduduk lokal yang ada di kapal itu cuma rombongan gw + awak-awak kapal yang bertugas buat ngedampingin para bule ini diving, atau bapak nakhoda yang belakangan gw ketahui kalo dia adalah perantau dari palembang..

kalo bule aja rela jauh-jauh ke Manado dari luar negeri untuk ngeliat keindahan bawah lautnya, kenapa kalian ga bisa ? karena keterbatasan dana ? tiket pesawat mahal ? hhhmmm.. iya juga sih, kita (mungkin) ga sebanyak duit kayak mereka yang bisa plesiran kemanapun sesuka hati, tapi coba deh dipikirin apa yang salah dengan sistem yang terjadi di negara kita, mungkin bisa jadi bahan renungan buat lo-lo pada nyalonin diri jadi presiden.. *yaa kalik*
okeh setelah sotoy ngomongin negara kita fokus ke masalah hati ! *Rom serius rom ! tabok pake pantat miyabi panci nih !!*

spot kedua namanya fukui, spot ini (katanya) ditemuin sama orang jepang, spot ini keren banget !! terumbu karang warna-warni, anemon, ikan-ikan dari berbagai ukuran dari yang kecil sampe yang (agak) gede dan termasuk perairan yang dangkal.. jadinya KEREN BANGET !! spot favorite gw nih fukui..
 abis snorkeling, sambil nungguin bule-bule pada diving, gw sama team gw berenang- renang di deket kapal dan seperti hal-hal bolang-bolang pantai, kita pad maen loncat-loncatan.. hahaha (udik)

 begini nih kalo udah ketemu habitatnya, kagak bisa diem, naek turun kapal, loncat-loncatan..

liat posisi benny..
daaaan..
byuuuurrr..

udah kayak kapal selam mau beroperasi, si beny langsung ilang ditelan lautan dan gelombangpun meninggi.. sementara itu Indah tetep berpose di depan tukang foto yang tak lain adalah lakinya sendiri.. -_-'
Dania mana ? gak usah dipikirin dia mah, paling lagi sibuk ngeringin rambut atau foto-foto buat dipajang di DP BBM, mana berani dia loncat-loncatan gitu.. hahahaha *peace dan*

setelah puas loncat-loncatan dan foto-fotoan, akhirnya kami kami dikasih makan siang.. udah kayak gembel yang belom ketemu nasi 3 hari, gw dan team langsung nyikat semua itu makanan, gak peduli makanannya enak apa enggak yang penting kenyang !! hahaha
pemandangan pas makan siang !! emang dasar bule kagak tau malu, orang mah pake baju dulu baru makan biar kagak masuk angin, ini malah telanjang gitu.. diiiiih..

ini makanan favorite-nya wina.. entah udah berapa banyak pisang yang dia lumat, termasuk pisang bule yang ngegeletak gitu aja didepan matanya !! hahaha
Abis makan, kita semua pergi ke spot ketiga, di spot ketiga ini gw nyerah, ditengah perjalanan gw bilas dan langsung pake baju kering karena emang ga berniat buat nyemplung lagi, capek paraaah gara2 kurang tidur malemnya dan ternyata di spot ketiga ini ga terlalu bagus, banyak bulu babinya kata Wina selain itu juga karena spot ketiga ini termasuk deket sama pemukiman warga jadi agak banyak sampah juga..
yang bikin gw seneng dan senyum puas di spot ketiga ini adalah pemandangan di atas laut, eh bukan diatas pulau ! pemandangan yang mungkin orang kota jarang bisa ngeliatnya..
PELANGIII !! ada pelangi yang melengkung pendek di atas pepohonan !! itu sih keren bangeeettt !!

emang sih cuaca agak mendung sebelum menuju ke spot terakhir ini dan karena itulah jadi timbul pembiasan cahaya yang menghasilkan 7 warna dalam satu lengkungan yang disebut pelangi atau dalam bahasa arabnya lazuardi begono ceritanya..

Tiba di dermaga tasik ria..

wajah-wajah korban kebringasan alam bawah laut Bunaken yang bikin hidup dibawah kesadaran dan gak mau pulang !!
hahaha.. *ketawa iblis*
akhirnya setelah melewati perjalanan sehari yang menyenangkan dengan sedikit melelahkan kami berpisah.. mereka berempat pulang naek taksi yang ternyata mengalamai kemacetan agak panjang, sedangkan gw numpang sama si dugong bersertifikat sampe kostan dengan tenang (sedikit tidur di motor)..

Senin malam pulang kerja gw diajak sama dania benny yang diajak dania untuk dateng ke pesta pernikahan kakaknya.. lumayan makan gratis.. bentar ? SENIIIIIN ??? gak usah lebay gitu, emang orang manado kalo mau ngadain pesta bisa kapan aja, gak peduli weekend ataupun weekday.. hhuwwwwooooww..

kakanya dania ini nikah sama anaknya Pembantu Rektor Universitas negeri yang ada di Manado, jadi wajar pestanya besar2an.. yang gak wajar itu gw sama Benny dateng-dateng langsung duduk di kursi VIP !! iyak bener VIP kursi depan panggung persis dengan suguhan yang berbeda tentunya.. HAHAHAHAHA.. Hoki  banget dah, tapi alhamdulillah yak pulang-pulang hangover ! hahaha

sudah saya akhiri cerita singkat yang menakjubkan itu..
terima kasih sudah membaca :)

13 komentar:

  1. request donk.....liputan tentang kuliner khas Menado. Aku juga belum pernah kesana soalnya, hihihi :p

    BalasHapus
  2. siap kakak.. request-nya ditampung, nanti langsung dikasih tau kalo udah published ya.. thank you for visiting :)

    BalasHapus
  3. tulisannya bagus :) banyakin lagi dong tulisannya..
    trus tempat" yg jarang dikunjungin, biar makin seru bacanya..
    pertahankan kegalauanmu,, mgkn bisa dijual suatu hari nanti ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya mbak..
      anyway kok comment-nya pake anonim ? gak asik nih :p

      aamiin aamiin.. Insya Allah nanti dibikin rajin nulisnya :D

      Hapus
    2. hahahaha,, biarin aja.. yg penting situ tau kan siapa dya??? hehehehe.. apalah arti sebuah nama mas Romie,, asalkan gombalanku tetap bermakna :) keep writing!!

      Hapus
    3. nama itu sangat berarti untukku, biar kusimpan namamu di hati walaupun tak bisa menggapai ragamu.. *halaaah*

      okay.. keep silent ! *lah?*

      Hapus
    4. baiklah,, saya akan memperkenalkan diri *benerin baju, benerin celana..
      nama saya *siapa ya?* *lagi mikir* hmm..

      skip ajalah yaa ;D
      pokonya tetep nulis!!! kmrn katanya baru kemana tau tuh,, tulis dong biar gw tau.. terus ajak gw yaaa :)

      Hapus
    5. lain kali lebih bertanggung jawab dong kalo ninggalin jejak, jadi kan ketauan siapa yang meninggalkan kesan di *hatiku* blog ini :p

      kemaren banyak banget tapi belom sempet nih..
      semoga segera bisa release postingan terbaru :)

      Hapus
    6. gw takut terkenal mii.. sungguh *kedipkedip..
      belum siap gw jd tenar,, blm nyiapin pose terbaik dan ttd yg oke :D

      sempetin laah,, gw yg ngedit sini.. hahaha.. ky gw ga da kerjaan ya? hihihi

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. murah banget kalo 150 all in, gw kecewa di bunaken :( tak seindah dan seramah bayangan gw waktu itu ihik ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soalnya gw pake paketan dari tasikria itu, kak.. itu juga lagi promo..
      Bunken skrg emang udah mengecewakan, ga sebagus jaman dulu, karena udah semakin banyak orang-orang yang sekedar pengen tahu tanpa ngejaga dengan baik..

      kabar2in aja kalo ke Bunaken lagi, siapa tau bisa ikut nemenin :P

      anyway, makasih udah mampir di blog gw.. salam kenal :)

      Hapus
  6. itu 150 udh semua ya? wah.. murah ya...
    baca dimana2 itu baru harga sewa alat snorkling sm baju aja.
    sampe kapan itu promonya? mau.. :D
    soalnya sy september nanti mau ke manado, tp sendiri :(

    BalasHapus