Selasa, 29 Oktober 2013

Siladen, perjalanan yang takkan terlupakan!

Sebenernya blog ini ditulis khusus untuk memperingati hari blogger nasional tanggal 27 Oktober 2013 kemarin, tapi apa daya, malas menyelimuti hati ini sehingga telat datang bulan untuk publish tulisannya.. :|

udah lah yah gak usah basa basi, kalo kelamaan basa nanti jadi basi! *apa dah*

Kali ini gw bakal bercerita tentang pengalaman ngetrip yang gak akan pernah bisa dilupakan dan harus segera ditulis! iya, pengalaman ngetrip ke Pulau Siladen tepatnya tanggal 13-14 Oktober 2013 barengan sama ncismariskha dan mbak Winida (maap mbak winida gak di tag) hehehe..

awalnya sih gw gak mau ikut tapi berhubung yang pergi cuma bertiga dan si ncis laki sendiri, yaudah gw ikut aja, sekalian ngisi waktu long weekend (daripada ngegalau di kostan tau-tau mati kering kan kagak lucu juga) :| setelah dipersiapkan dan direncanakan semua, kami siap berangkat keesokan harinya.. entah kenapa gw sendiri masih ragu buat berangkat walaupun sudah mengiyakan untuk ikut..

berangkatlah kami bertiga dari kostan menuju pelabuhan cinta calaca tempat berlabuhnya hati kapal yang sudah dipesan sama mariskha dan mbak winida kemarin (yoi, mereka berdua muter2 pelabuhan nyari kapal yang bisa dipacari ngangkut kami ke Pulau Siladen, mbak winida udah sampe duluan mungkin dia sekalian nyari jodoh disana #ehh..

gaya dulu lah, biar cihuy!
 Sesampainya disana, mbak winida memberikan kabar bahwa (bapak) kapal yang sudah di booking ternyata gak ada (kabarnya), ngekngooook!!! selesai sudah perjalanan kami hari itu! tapiiiiiiiii berhubung kami anaknya pengen banget ke siladen akhirnya kami tidak menyerah begitu saja *backsound Jangan Menyerah - d'massive* akhirnya kami berempat mencari-cari abang perahu yang bisa kami tumpangi muterin pasar bersehati pelabuhan calaca sampai mencari ke sudut relung hatimu yang lama kau simpan.. #failed sementara mariskha sama winida nyari-nyari abang tukang perahu yang mau ke siladen, si ncis sibuk ngehubungin boss-nya yang rencananya mau diving di siladen juga dan gw sibuk menata hati yang tercecer..#apeu

di tengah keribetan nyari kapal yang mau ngangkut kami ke siladen, tiba2 datang seorang ibu peri tukang jamu!! pemandangan langka yang jarang ditemukan di Manado!!! *oke bagian ini lebay* setelah ngobrol2 ternyata mbok jamunya berasal dari Solo, udah sekitar 7 tahun (kalo gak salah) dia menetap di Manado dan pulang ke kampungnya setahun sekali, itupun pas lebaran dan kalo ada rejeki lebih :(

mbok jamu yang abis disepikin ncis :)))
Pas lagi asik-asik minum jamu, ada bapak-bapak yang nawarin kapal (sebelumnya udah tawar menawar harga sama mbak winida sih), dia memberikan penawaran terakhir seharga Rp. 300.000,- menuju siladen sekali berangkat, daripada ribet lagi menunggu ketidakpastian jadinya kami memutuskan untuk ambil penawaran itu.. (daripada kering di PHPin tukang perahu yg lain)

dan akhirnyaaaaaaa.. *suara ombak menderu-deru suara hati mendayu-dayu* kapalnya berangkat!! hooorrreeeee..
dadah dadah ke jembatan putus..
masih girang..
foto dulu sama kapten!
dan akhirnyaaaa..
Tepaaaarr..
setelah melalui perjalanan yang berliku-liku (gigi lo berliku!) maksudnya naik turun bergelombang kita sampe juga di Pulau siladen.. sayangnya, ga dapet foto sign board siladen jadi gak ada nukti bahwa kami telah tiba di Manado kalo isitlah yg sering dipake no pic = hoax :( *abaikan*

kami berempat langsung menuju ke tante marta's homestay, penginapan ini sangat terjangkau dan recommended buat traveler atau turis yang budget-nya minim..

tampak depan tante marta's homestay
Untuk orang Indonesia harga normalnya sekitar Rp. 250.000,-/pax include makan 3X (sarapannya roti) ditambah kopi, teh dan air panas (dalam termos) buat yang butuh kehangatan. Kalian mungkin bisa mendapatkan harga yang lebih murah, tergantung dari gaya bicara, kemampuan merayu dan tampang yang awet muda.. (seriously it works!) kami dapet harga spesial dari tante marta karena dikira rombongan mahasiswa! ngahahahaha..

Sampe di homestay kita gak pake mikir dua kali, langsung ganti baju dan nyebur di pantai yang tepat di depan homestay! *norak*
nih pantai di depan homestay-nya, gimanaaaaa???
sisi lain pemandangan depan homestay versi hitam putihnya.
(sebenernya gara-gara males ngedit aja sih)
Banyak banget cerita di Pulau ini, dari mulai nyasar gara-gara diusir dan akhirnya nemuin "pantai pribadi", "nyari masalah" sama orang-orang yang ada di resort "exclusive",  ngelilingi pulau yang berakhir dengan foto-foto di sunset dan hilangnya snorkel, rebahan di pantai sambil natap bulan bercincin sampai dapet kabar berita duka meninggalnya ibunda tercinta.. :''(

Listrik di Pulau Siladen hanya beroperasi dari jam 18.00 WITA sampai jam 22.00 WITA, selama itu pula kami memanfaatkan waktu yang ada untuk mengisi baterai handphone kami yang sudah mulai menipis, oiya listrik di Pulau Siladen ini berasal dari Siladen Resort and Spa yang terletak gak jauh dari homestay kami, mungkin itu bagian dari Corporate Social Responsibility resort itu untuk warga yang ada di pulau maka dari itu warga yang ada di sekitar pulau sangat minim informasi tentang dunia luar. kalo kata seorang ibu yang nyiapin makanan buat kami "orang diluar sudah perang-perang kami disini gak tau apa-apa" tuturnya dengan logat bahasa manado.

oke lanjut, karena terbatasnya waktu yang ada gw memutuskan untuk matiin HP biar batre yg diisi cepet full dan bisa dipake buat foto-foto. Saat makan malam 3 orang temen gw itu sibuk transfer foto2 kegiatan selama di Pulau tadi, sedangkan HP gw sengaja dimatiin biar irit batre. karena terbatasnya charger dan colokan buat ngecharge, BB gw pun gw matiin dan gak di charge, pikir gw jarang juga ada yg ngehubungin ke BB. Malem pas lampu mati dan bersiap untuk tidur, gw sama ncis tuker2an foto. Entah kenapa si ncis maksa banget minta foto2 yang ada di HP gw, setelah gw idupin dan kirim via bluetooth (sengaja matiin koneksi biar irit batre *tetep ngirit*) ternyata ga semua foto terkirim, ncis maksa foto dia sama mbak jamu dikirim via instant messenger. pas gw aktifin koneksi HP, gw dapet message dari sepupu yang isinya "mie, udah tau belom" karena penasaran dan feeling gw gak enak, akhirnya gw nyalain BB. Gak lama nyala ada telpon masuk dari sepupu gw yang ngasih kabar kalo ibunda tercinta udah pergi untuk selama-lamanya.

SHOCK, SEDIH, BINGUNG, NYESEL semua jadi satu pas gw dapet kabar itu. Gimana enggak, posisi lagi di pulau, jauh dari kota dan kapal yang ngangkut ke kota cuma ada besok pagi!!! :(( setelah gw ngasih tau ncis dan ncis ngasih tau mariskha dan mbak winida, mereka bantuin gw buat nyari tiket pesawat pulang, sementara gw masih shock dan sibuk nerima telpon dari sahabat-sahabat dan keluarga.

Mereka bertiga mencoba menghibur gw di kamar, pas lagi ngumpul bertiga tiba-tiba mereka mendengar suara orang jalan, pas diperiksa ternyata gak ada orang yg lewat. *deg* di saat suasana kayak gini, masih sempet diselingi cerita spooky. Akhirnya kami memutuskan untuk tidur berempat dalam satu kamar! iyak, kebayang kan tuh gimana desek-desekannya udah kayak ikan cuek dalem keranjang tanpa AC dan kipas angin serta beratapkan seng! aaaaaaaaakkk.. *pingsan*

Pagi-pagi gw pindah ke kamar sebelah demi mendapatkan tidur yang dipaksa pules. Abis sarapan tanpa mandi gw sama ncis balik ke Manado buat ngejar pesawat menuju Palembang. Yang seru dari perjalanan pulang adalah, naik kapal penumpang. Warga pulau menyebutnya taksi air, berangkat dari pulau siladen jam 9 lewat termasuk keluhan dan omelan penumpang yg kepanasan nunggu kapal jalan. Perjalan di kapal itu jadi perjalanan yang uummmm menyedihkan sekaligus paling berkesan menurut gw, kalo lagi bengong pasti nangis langsung kepikiran nyokap untungnya sesekali ncis ngajak ngobrol jadi perhatian gw teralihkan walopun masih nyesek.. :((

sampe kostan gw langsung packing, masukin baju-baju yg ada di depan mata, mandi ala kadarnya dan bersiap untuk melanjutkan "perjalanan berikutnya".
nyasar!
gara-gara nyasar jadi nemu pantai ini..
makan siang di pinggir pantai, nice!

berantem sama pegawai siladen resort and spa.
Pemandangan di jembatan lama, di spot ini selain view sunset-nya bagus, tempat snorkelingnya juga lumayan seru! banyak ikan-ikan yang bergerombol.. jadi kalo mau snorkeling jangan lupa bawa biskuit buat ngasih makan ikan-ikannya.. *jangan ditangkep apa lagi dibawa pulang buat dijadiin pacar ya! #okesip

gara-gara abis foto-foto disini, kami kehilangan 1 snorkel :(
romantis itu....... *meluk pohon*

sunset yang takkan pernah terlupakan! :')
Suasana di taksi air, kapal ini mengangkut warga dari pulau-pulau kecil yang ada di sekitar, biasanya mengangkut warga yang hendak berbelanja atau sekedar mengunjungi kota Manado. biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 20.000,-/orang. berangkat sekitar pukul 09.00 WITA dari pulu Siladen.

Siladen merupakan salah satu Pulau dalam gugugsan pulau di Taman Nasional Bunaken, Provinsi Sulawesi Utara, Pulau dengan luas 31,25 Ha ini dikelilingi oleh Pantai berpasir putih, selain itu ada beberapa biota laut yang bisa dilihat disini sumber : www.indonesia.travel/id, keindahan Pulau Siladen ini menurut gw melebihi dari Pulau Bunaken yang sudah mulai rusak entah karena kurang terawat atau memang tidak dirawat. Pulau Siladen ini cocok banget buat orang-orang yang mau melarikan diri dari penatnya kesibukan atau yang baru putus cinta asal jangan nekat aja nyebur ke tempat hiu *yaelah galaunya gak oke banget sampe nekat bunuh diri*.

Oiya, siladen ini terkenal dengan lumba-lumbanya, bagi yang beruntung bisa ngeliat lumba-lumba yang berenang-renang ngikutin kapal yang lagi berlayar. selain itu, berdasarkan informasi warga lokal, di daerah ini juga bisa ditemui rombongan hiu yang berenang bebas. Jadi buat kalian yang mau ke Siladen, selalu siap dengan kamera siapa tau beruntung bisa dapet foto lumba-lumba yang lagi loncat-loncatan ataupun hiu yang berenang bebas.
Cerita ini belom selesai, masih ada beberapa cerita yang bakal gw ceritain dalam perjalanan ke Pulau Siladen ini. termasuk cerita berantem sama penjaga Siladen Resort & Spa!

*special thanks for travel buddy gw kali ini, Ncis, Mariska dan Mbak Winida untuk perjalanan yang gak akan pernah gw lupain seumur hidup! friends in need are friends indeed..*

BERSAMBUUUUUUNG..

"God works in mysterious ways" - unknown